Have an account?
Posted by PENSI AKBAR SMANTI 2010 on Selasa, 06 April 2010 in
clip_image001
SMA Negeri 3 Prabumulih merupakan sebuah sekolah unggulan yang ada di Kota Prabumulih berdasarkan SK. Walikota No. 642 tahun 2003 tanggal 3 Juni 2003 tentang Izin Operasional SMAN 3 Prabumulih. Sampai saat ini SMA Negeri 3 Prabumulih telah banyak meraih prestasi baik di bidang akademik maupun kesiswaan, mulai dari tingkat daerah hingga ke tingkat Nasional.
Sekolah yang saat ini memiliki 53 orang tenaga pendidik/karyawan dan 333 orang siswa ini dalam setiap tahunnya terhitung sejak tahun 2005 memiliki kegiatan akbar yang dimotori oleh siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS tersebut tentunya telah banyak memberikan manfaat baik itu Pemerintah, masyarakat, dan yang terpenting yakni bagi siswa yang melaksanakannya itu sendiri sebagai latihan dan memberikan pengalaman secara nyata agar dapat jauh lebih siap dalam berkompetisi dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan-kegiatan tersebut berupa kegiatan sosial, religi, sains, olahraga dan seni yang dikombinasikan menjadi suatu kegiatan akbar. Berikut sepintas kegiatan tahunan yang telah dilaksanakan :


clip_image003clip_image004APKR (Apresiasi Prestasi dan Kreasi Remaja) dalah Pesta Akbar SMAN 3 Prabumulih yang pertama kali di adakan oleh OSIS angkatan 1 tahun 2005. APKR adalah Pesta Akbar SMAN3 Prabumulih yang berorientasi pada bidang seni dengan mengadakan lomba cerdas cermat agama, lomba Festival Band, dan pada saat itu OSIS SMAN 3 Prabumulih merupakan salah satu pencetus Festival Band di kota Prabumulih.
clip_image005


clip_image007SMANTI COLABORATION adalah pesta akbar ke-2 yang di senggelarakan oleh OSIS SMA Negeri 3 Prabumulih tahun 2006. SMANTI COLABORATION terdiri dari Lomba Sains Tk. SMP, lomba lukis anak SD, lomba tari kreasi daerah untuk remaja SMP/SMA, dan festival pop singers untuk kalangan umum. Pada puncak kegiatan menghadirkan bintang tamu group band dari Palembang, yakni KERTAS Band, yang saat ini berubah nama menjadi armada band.

clip_image008
clip_image009






clip_image010clip_image011clip_image013PESTA SMANTI BUKAN SEMBARANG PESTA merupakan pesta akbar yang ke-3 yang di lakukan oleh peserta didik SMAN 3 Prabumulih yang teroientasi pada bidang sains dan seni ini terdapat berbagai lomba yang dapat mengasah otak dan kreativitas anak maupun remaja yang terdiri dari : Festival SAINS dan bahasa tingkat SMP, Lomba lukis anak-anak, dance competion dan festival band. Pada kegiatan ini sangat sukses diikuti oleh ratusan peserta pada tiap sub kegiatan yang di kemas secara spektakuler
clip_image015
PESTA SMANTI 3-D adalah pesta akbar yang terdiri dari 3 Dimensi yaitu SAINS, SPORT dan SENI. Pada pesta akbar ini OSIS SMAN 3 Prabumulih ke-4 ini telah terlaksana sebanyak 9 sub kegiatan, yakni : Turnamen FUTSAL pertama kali di kota Prabumulih, lomba mewarnai dan fashion show tk. Anak-anak, cerdas cermat dan lomba debat bahasa Inggris tk. SMP, modern dance, festival pop singers dan festival band untuk kalangan umum yang kembali
clip_image016clip_image017pada tiap-tiap sub kegiatan mendapatkan respon yang
antusias dari masyarakat dan pelajar dari kota Prabumulih dan daerah lain di luar kota Prada Prabumulih. Di puncak kegiatan pesta akbar ini, OSIS SMAN 3 Prabumulih kembali dapat mendatangkan bintang tamu band ibu kota yaitu J-ROCKS.

clip_image018clip_image019clip_image021PESTA SMANTI CHANGE’s THE WORLD adalah pesta akbar yang ke-5 yang di selenggarakan oleh OSIS SMAN 3 Prabumulih hasil kerja sama dengan Pemerintah Kota Prabumulih dan PT. Pertamina Region Sumatera. Kegiatan yang terinspirasi pada peduli lingkungan hidup sebagai upaya penyelamatan planet bumi dari pencemaran limbah sampah daun yang ada di sekitar kita. Sehingga pada rangkaian kegiatan ini di buatlah rekor MURI Indonesia dengan kriteria pembuatan pupuk kompos dengan jumlah peserta terbanyak (2000 orang peserta) dan sebelumnya terdapat rangkaian kegiatan berupa : Turnamen Futsal, Festival Band, Fashion busana batik untuk anak-anak, dll.
clip_image022
Pada saat ini negara kita sering dilanda bencana alam. Ada sebuah lirik lagu yang menggambarkan keadaan negara yang kita cintai ini. .... Kawan coba dengar apa jawabnya, ketika dia kutanya mengapa.... bapak ibunya telah lama mati, ditelan bencana tanah ini ...
Kita juga teringat pada tanggal 3 Desember 2007 di Bali dilakukan pertemuan Badan-badan yang membidangi lingkungan se-dunia membahas tentang permasalahan lingkungan yang darurat bagi seluruh dunia yaitu terjadinya pemanasan global (global warming).
Global Warming adalah peristiwa dimana berkumpulnya gas rumah kaca yang dapat membentuk lapisan efek rumah kaca menyelubungi permukaan bumi. Gas tersebut meliputi CO2, CH4, N2O, dan gas-gas lainnya. Efek rumah kaca di atmosfer kita memiliki akibat yang sangat besar. Sinar matahari yang masuk ke dalam permukaan bumi, akan dilepaskan radiasi panas ke angkasa, sebelum mencapai angkasa luar panas tersebut terhalang oleh lapisan gas rumah kaca dan kembali dipantulkan ke permukaan bumi, otomatis suhu dipermukaan bumi perlahan-lahan akan meningkat. Dengan keadaan sekarang saja kita sudah bisa merasakan bagaimana panasnya suhu di sekitar kita, apalagi jika pemanasan global tetap berlanjut hingga 5 – 10 tahun mendatang.
Oleh karena itu melalui jambore IPTEK Lingkungan se-Sumatera ini peserta akan diajak berpikir dan memberikan sumbangsih terhadap permasalahan itu, baik melalui pelatihan, even kompetisi teknologi inovasi, perencanaan kurikulum peduli lingkungan yang memadai, wisata mengenal kekayaan Pulau Sumatera maupun motivasi mental menjaga kelestarian alam negara tercinta ini.
clip_image028
Adapun tujuan dan manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini adalah :
1. Tujuan
a. Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, berprestasi, sehat dan kreatif.
b. Menggali prestasi dan kreatifitas remaja di Pulau Sumatera sehingga tercipta generasi muda yang sarat akan prestasi dan kreatifitas.
c. Mengangkat figur generasi muda berkualitas yang dapat dibanggakan sekaligus contoh bagi generasi muda lainnya.
clip_image030


Pada kegiatan Pesta Smanti FESTIVAL ANAK BANGSA - JAMBORE IPTEK LINGKUNGAN PELAJAR SE-SUMATERA ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, yakni :
1. Pembukaan Kegiatan oleh Gubernur Sumatera Selatan
2. Membangun harapan masa depan generasi muda (peserta Jambore) melalui Talk Show bersama dengan Penulis, Produser, & Aktor Film Best Seller 2009-Sang Pemimpi
3. Pemilihan Duta Teknologi Lingkungan
4. Kompetisi Mading “Problematika Pemanasan Global”
5. Pelatihan Guru Lingkungan “ Menganalisis dan Mengaplikasikan Materi Adi Wiyata Lingkungan sebagai Muatan Lokal di Sekolah
6. Mengenal Lebih Dekat LAPANKenali Negeri lewat Satelit
7. Motivasi Mental Cinta Tanah Air oleh Archan Sang Provokator
8. Mengenali Potensi Kekayaan Pulau Sumatera melalui Wisata Minyak bersama PT. Pertamina EP Region Sumatera

Kegiatan Pendukung:

9. Lomba lukis lingkungan hidup “Dunia Hijau, Dunia Impian Kita”
10. Lomba Puisi ”Menggapai Impian Dunia, Asrinya Lingkungan Indonesiaku Tercinta”
11. Lomba Kreativitas dan inovasi dari Barang Bekas untuk Ibu-ibu PKK dan Karang Taruna

Untuk Jadwal, Dan Keterangan selengkapnya, Dapat di download di

KLIK DISINI

Keterangan Lebih lanjut dan Perihal Pendaftaran,

dapat mengirim Email Ke, pesta_smanti2010@yahoo.co.id

Atau, Dapat MengirimKan Formulir Pendaftaran Melalui Fax Ke.
(0713)323233

0 Responses to “Jambore IPTEK Lingkungan “SE-SUMATERA””:

Posting Komentar